Breaking News

Bersama-sama mewaspadai penyebaran DBD

Puncak musim hujan diperkirakan akan terjadi di bulan Januari ini. Untuk itu, warga diminta untuk selalu mewaspadai penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Berikut ini adalah langkah lengkap menangkal DBD pada anak yang bisa lakukan:

1. Jaga kebersihan rumah dan lingkungan Nyamuk biasanya bersarang di genangan air, barang-barang bekas seperti kaleng dan ember yang terisi air, bak mandi, dan tempat-tempat penampungan air lainnya. Selain itu, nyamuk juga menyukai tempat yang gelap dan kotor seperti gudang dan sudut ruangan yang jarang dibersihkan. Maka dari itu, rajinlah membersihkan tempat-tempat tersebut, agar nyamuk tidak bersarang di rumah dan halaman.

2. Gunakan kelambu.
Kelambu bisa dipasang pada tempat tidur atau boks bayi. Upaya ini bisa membantu melindungi anak dari nyamuk saat ia tidur.

3. Pasang kawat kasa.
Kawat kasa bisa dipasang pada setiap sirkulasi rumah seperti ventilasi, jendela, pintu dan lubang lainnya. Langkah ini dapat membantu menghalau nyamuk yang hendak memasuki rumah.

4. Gunakan losion anti nyamuk Sebagai langkah pencegahan. Namun harus berhati-hati karena tidak semua losion anti nyamuk cocok untuk kulit anak yang sensitif, bisa memilih   yang hypoallergenic sehingga aman dan cocok untuk kulit anak.

5. Pakaikan baju dan celana panjang.
Memakaikan baju yang tertutup tentu dapat menghindarkan anak dari gigitan nyamuk. Namun, pastikan bahannya nyaman dan tidak membuat anak kegerahan.

6. Berikan makanan sehat penguat imun tubuh.
Beberapa jenis makanan yang bisa membantu menguatkan daya tahan tubuh si kecil untuk melawan DBD adalah pepaya, jeruk, jambu biji, air kelapa muda, dan susu. Tapi ingat, jenis makanan lainnya juga tetap perlu dikonsumsi anak untuk menjaga asupan gizi yang seimbang.

Sementara itu, untuk penanganannya yang terbaik yakni dengan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). Cara tersebut adalah cara yang paling efektif untuk memberantas nyamuk DBD dari sarangnya. Apalagi di wilayah endemis. Peran pemerintah sangat diperlukan untuk memberikan imbauan untuk menjaga lingkungan melalui kelurahan. Nantinya, dari kelurahan akan disosialisasikan ke masyarakat langsung.

Langkah pengasapan atau fogging, akan dilakukan jika sudah terdapat kasus DBD di wilayah tertentu. Fogging tersebut dilakukan untuk memberantas nyamuk dewasa yang menyebarkan penyakit. Sedangkan untuk memberantas jentik nyamuk, cara yang paling efektif tetap dengan PSN.

Warga juga diminta agar tanggap dengan memeriksakan diri ke dokter atau puskesmas terdekat kalau ada gejala demam tinggi. Jika ada di lingkungannya terdapat warga yang terkena kasus DBD masyarakat harus segera melaporkan ke puskesmas atau dinas kesehatan terdekat guna di lakukan penanganan penyebaran nyamuk tadi.

Tidak ada komentar