Breaking News

Batu kecubung selalu diburu karena Keindahan dan Mitosnya


Keunikan dan keindahan warna yang dimiliki batu ini pernah dianggap lebih berharga dibandingkan dengan berlian. Bahkan sejak ribuan tahun lalu batu yang banyak di dominasi warna ungu itu telah menjadi dambaan kalangan pangeran dan Mitosnya dianggap sebagai simbol roh penguasa alam, sehingga batu kecubung sering dikaitkan dengan beberapa khasiat yang dipercaya terkandung didalamnya misalnya :

  1. Berfungsi sebagai penenang bathin
  2. Media mendapatkan kasih sayang dan simpati
  3. Barmanfaat sebagai media pengobatan lahir dan batin
  4. Untuk penyakit fisik: bisa membantu penderita, rabun, sakit kepala, paru-paru, gangguang pencernaan, kecanduan alkohol atau jenis penyakit yang berhubungan dengan saraf
  5. Untuk penyakit batin : Kendalikan emosi, membentuk karakter pribadi, semangat hidup, keihlasan dan kerendahan hati.
  6. Membuka aura, membuka cakra pada tubuh manusia
  7. Dapat menitralisir energi negatif dalam tubuh
  8. Sebagai pengasihan (asihan) dan lain sebagainya

Sebenarnya batu kecubung itu apa ??? batu kecubung adalah batu dari keluarga “Quartz”
Batu Quartz atau disebut Batu kuarsa adalah batu kristal mineral yang terbuat dari silicon dioxide (ketika silicon dan oxygen menyatu) dan merupakan mineral kedua (setelah feldspar) yang paling banyak dan yang paling umum ditemukan di kerak kontinen bumi (mencakup 12% dari keseluruhan). Batu kuarsa amat beragam dan sebagian dijadikan batu perhiasan dan sebagian amat langka. Mineral ini memiliki struktur kristal heksagonal yang terbuat dari silika trigonal terkristalisasi (silikon dioksida, SiO2), dengan skala kekerasan Mohs 7 dan densitas 2,65 g/cm³. Bentuk umum kuarsa adalah prisma segienam yang memiliki ujung piramida segienam.

Dua cabang utama Quartz adalah Macrocrystalline Quartz dan Cryptocrystalline Quartz.

Yang termasuk Macrocrystalline Quartz adalah Amethyst (Kecubung Ungu), Aventurine, Rock Crystal, Blue Quartz, Citrine (Kecubung Kuning), Hawk’s Eye (Mata Elang), Prasiolite, Cat’s Eye Quartz (Kuarsa Mata Kucing), Smoky Quartz (Kecubung Teh), Rose Quartz (Kuarsa Mawar), dan Tiger’s Eye (Mata Macan atau Mata Harimau), Macrocrystalline Quartz biasanya transparan tembus cahaya sampai tembus cahaya tapi tidak transparan, dan bentuk kristalnya lebih besar daripada Cryptocrystalline Quartz.

Sedangkan yang termasuk Batu Cryptocrystalline Quartz, adalah Chalcedony , Chalcedony sendiri meliputi berbagai jenis batu permata Quartz lainnya seperti Agate, Chrysoprase, Bloodstone, Jasper, dan Carnelian. Cryptocrystalline Quartz biasanya buram atau tidak tembus cahaya sampai tembus cahaya tapi tidak transparan.

Batu Quartz yang bagus adalah yang Transparent (tembus cahaya tanpa difusi berlebihan atau mungkin memiliki rutile berwarna hitam atau cokelat kemerah-merahan atau inklusi lainnya), yang berarti cahaya bisa menembus batu tanpa hambatan. Pada batu Quartz yang Translucent (tembus cahaya tapi tidak transparan), cahaya yang menembusnya sedikit melemah. Batu Quartz yang terbaik adalah yang “bersih”, bebas dari inklusi apapun. Kemilau batu Quartz seperti kaca kristal, sedangkan yang Cryptocrystalline Quartz biasanya kemilaunya seperti lilin dan membosankan, tetapi bisa juga berkilau seperti kaca.

Beberapa nama dagang yang paling terkenal untuk batu permata dari golongan Macrocrystalline Quartz antara lain: Amethyst, Amethyst Quartz, Ametrine, Aventurine, Blue Quartz, Citrine, Lemon Quartz, Mystic Quartz, Prasiolite, Rock Crystal, Rose Quartz, Rutile (atau Rutilated) Quartz, dan Smoky Quartz, untuk batu permata dari golongan Cryptocrystalline Quartz antara lain: Agate, Agate Geode, Agate Jasper, Blue Quartz, Bloodstone, Carnelian, Chalcedony, Chrysocolla Chalcedony atau Gem Silica, Chrysoprase, Carnelian Onyx, Dendritic Agate, Dumortierite Quartz, Fire Agate, Hawk’s Eye, Jasper, Onyx, Prase, Cat’s Eye Quartz, Sard, Sardonyx, Tiger’s Eye, Tiger’s Eye Matrix, Moss Agate, dan Scenic Agate.


Di Kalimantan Barat sendiri Batu Quartz dari golongan Macrocrystalline Quartz lebih familiar dengan sebutan “batu kecubung”. Ada beberapa daerah yang sangat terkenal dengan batu ini sebut saja Kabupaten Ketapang, Kabupaten Sambas dan Kabupaten Landak yang mempunyai kekayaan alam batu kecubung yang khas dan unik dan bukan hal yang asing pula bahwa masyarakat Kalimantan Barat juga mencintai batu ini dan mengkoleksinya dengan jumlah tertentu. Dengan mitos yang berkembang dan keindahan yang terkandung didalam batu kecubung ini, membuat batu kecubung selalu mempunyai nilai jual yang menarik, diminati dan diburu oleh kolektor terutama batu kecubung yang membunyai keunikan atau nilai seni tinggi.




Tidak ada komentar