Breaking News

Makna Tersirat Bermain Tabak


Permainan rakyat yang sederhana dengan cara bermain yang sederhana pula :

1. Para pemain harus melompat dengan menggunakan satu kaki di setiap kotak-kotak / petak-petak yang telah digambarkan sebelumnya di tanah.

2. Untuk dapat bermain, setiap anak harus mempunyai “tabak” yang biasanya berupa pecahan keramik/ potongan papan ataupun batu yang datar.

3. Tabak dilempar ke salah satu petak yang tergambar di tanah, petak dengan tabak yang sudah berada diatasnya tidak boleh diinjak/ditempati oleh setiap pemain, jadi para pemain harus melompat ke petak berikutnya dengan satu kaki mengelilingi petak-petak yang ada.

4. Pemain tidak diperbolehkan untuk melemparkan tabak  hingga melebihi kotak  atau petak yang telah disediakan. Jika ada pemain yang melakukan kesalahan tersebut maka pemain tersebut akan dinyatakan gugur dan diganti dengan pemain selanjutnya.

5. Pemain yang menyelesaikan satu putaran terlebih dahulu melemparkan tabak dengan cara membelakangi petaknya, jika tabak jatuh tepat pada salah satu petak maka petak tersebut akan menjadi daerah kekuasaan pemain. Kemudian pada petak tersebut, pemilik petak boleh menginjak petak dengan dua kaki, sedangkan pemain lain tidak boleh menginjak petak tersebut selama permainan. Pemain yang memiliki petak paling banyak adalah pemenangnya.

Ada menarik yang dapat dipahami dari permainan ini dan jika direnungkan memiliki makna filosofi yang tinggi.

Bermain tabak haruslah sabar, berlahan dan bertahap mengisyaratkan Sedikit-sedikit menjalani hidup sampai harus ngesot-ngesot/diseret-seret itu maknanya keinginan, sampai punya 1 petak lahan terus-terus sampai jadi raja setelah itu usai.

terkadang mandek, kadang lancar dan ada keinginan yang sama untuk diwujudkan, ada yang cepat, ada pula yang lambat bahkan ada batas-batas yang sama sekali tak boleh dilanggar. Sabar adalah kunci bisa meraih dan menduduki petak yg paling atas, setelah diatas kalau pun harus turun tidaklah turun dengan rasa penyesalan.


 (Foto Ilustrasi sumber Google)

Tidak ada komentar