Breaking News

Ini hanya sesederhana main guli.



Main guli mungkin tak asing lagi semasa kecik-kecik pasti pernah main ini kalo pon tak pernah main ini berarti die anak orang kaye. Banyak istilah yang sering disebot dalam permainan ini diantaranye : usit, pukol srekol, pukol tenjak, edar, nombi satu, dan beberape istilah lain yang saye sorang pon uda agak lupa.

Kalo di aplikasikan hari ini ternyata setelah di timbang-timbang, dirase-rase, dikaet-kaetkan banyak yang relevan dengan ape yang terjadi hari ini. 

Misalnye "usit" artinye membuang penghalang dari target yang akan kite pukol maknenye kite harus singkirkan dulu ape yang menjadi hambatan untuk mencapai tujuan kite tentunya untuk hal yang baek-baek jak,

Selanjutnya ade yang namenye "pukol srekol" artinye memukul 2 target sekaligus maknenye adakalanya target atau tujuan itu sejalan atau beriringan yang dapat diraih secara sekaligus, 

Trus ada lagi yang namenye "pukol tenjak" artinya pukulan yang ditujukan untuk mengenai target dengan cara melambung atau mengenai target dengan meloncati beberapa target dibawahnya maknenye adakalanya tujuan kite harus diraih dengan loncatan dengan harus melangkahi beberapa penghalang dibawahnya.

Pukul "edar" artinya pukulan ini yang paling spesial dimane karena posisi sulit kite boleh merubah letak posisi untuk memukul tapi harus sejajar atau segaris dengan posisi yang sulit tadi maknenye adakalanya kite dalam posisi sulit dan terjepit untuk mencapai tujuan pada saat itu sebaiknya kite berubah posisi sulit tadi ke posisi yang lebih mudah untuk mencapai target yang di maksud.

Nah yang paling buat suke kalo udah "Nombi satu" artinya kite uda memenangkan permainan sebelumnya dan mengatur permainan berikutnya sebagai orang dengan posisi menunggu target yang akan disasar maknenye ketika kite sudah menang itulah saatnye kite dapat memantau, mengatur dan menargetkan apa yang menjadi tujuan.

Permainan ini terus berulang sampek kena pekekkan dirusuh balek kerumah ( makne balek disini bisa di artikan pulang kepangkuan ilahi).

Tidak ada komentar