Breaking News

KHAIRA NAMA SEDERHANA TAPI LUAR BIASA

Khaira ini adalah sebuah nama yang diberikan oleh orang tua Kerabat saya kepada anak perempuannya. Kata yang sangat sederhana, namun enak didengar. Walaupun secara sepintas nama itu sangat sederhana, namun saya yakin ada sesuatu dibalik nama itu.
Anak perempuan Kerabat saya ini telah berumur 35 tahun. Tapi jujur, hingga saat ini saya tak tahu mengapa orang tuanya memberinya dengan nama Khaira. Baru-baru ini saya coba mencari tahu makna di balik nama itu. Hasilnya saya takjud. Saya menemukan ternyata di balik nama yang sederhana itu tersimpan makna yang sangat mendalam.

Kata “Khaira” ternyata memiliki arti “kebaikan”.
Arti yang luar biasa dibalik nama yang sederhana. Apa itu kebaikan?
Kebaikan, menurut Imam Syafi’i “Kebaikan itu memiliki 5 kharakter:
1. Hati yang selalu merasa cukup
2. Menahan diri dari menyakiti orang lain
3. Mencari rizki yang halal
4. Bertakwa
5. Begitu yakin pada janji Allah.”
.
Didalam alquran sendiri ada ratusan ayat yang membahas dan menyebutkan tentang kebaikan atau berbuat baik sungguh luar biasanya kata ini, salah satu ayatnya yang menggambarkan Bahwa Sang Pencipta selalu bersama orang-orang yang berbuat kebaikan ialah Surah An-Nahl ayat 128 yang artinya “Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang bertakwa dan orang-orang yang berbuat kebaikan".

Dalam keseharian, dilingkungan keluarga, di majelis-majelis ilmu, atau ceramah-ceramah di telivisi kebaikan merupakan topik pembicaraan yang tak pernah habis-habisnya bahkan para pakar-pakar, pemikir-pemikir hebat dan ulama-ulama juga tak bosan-bosannya berpesan untuk berbuat kebaikan. Ini mungkin Makna pesan Ibuku dulu yang selalu berkata “Pokoknye buat baek jaklah usah yang lain, nanti kau tau sorang gunenye ape”.
Oleh karena itu saya sangat yakin, orang tua yang menyematkan nama Khaira sebagai nama putrinya itu adalah sebuah nama yang sarat dengan doa, sarat dengan harapan. Dan memang benarlah adanya, sehebat apapun seseorang, tanpa kebaikan, maka ia tak akan pernah jadi apa-apa.(barbor)

Tidak ada komentar